A. Pengertian
Perpustakaan
Menurut Hendyat
Soetopo (1982:173) perpustakaan sekolah adalah “perpustakaan yang
diselenggarakan di Sekolah bermaksud untuk menunjang program belajar dan
mengajar di lembaga pendidikan formal”.
Menurut
Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan (dalam Bambang Hartoyo,
2012) perpustakaan adalah “institusi pengelola koleksi karya tulis, karya
cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna
memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi
para pemustaka”.
Menurut
Sulistyo (dalam Patricia Marcella, 2012) perpustakaan diartikan “sebuah ruangan
atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang
biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan
untuk dijual”.
Berdasarkan
pengertian-pengertian perpustakaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
perpustakaan adalah suatu institusi yang menyimpan dan mengelola berbagai
informasi dalam bentuk apapun untuk menunjang kebutuhan penggunanya.
B.
Tujuan
Perpustakaan
Menurut Wiwin (2012) terdapat dua tujuan
perpustakaan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
1. Tujuan
Umum
Penyelenggaraan
perpustakaan bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka,
tetapi dengan adanya penyelenggaraan perpustakaan diharapkan dapat membantu
peserta didik menyelesaikan tugas-tugas. 2. Tujuan Khusus
Adapun
tujuan khusus perpustakaan adalah sebagai berikut:
a. Mengembangkan minat, kemampuan dan
kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan dalam sektor
kehidupan.
b. Mengembangkan minat untuk mencari
dan mengelola serta memanfaatkan informasi.
c. Mendidik peserta didik agar dapat
memelihara dan memanfaatkan bahan bacaan secara tepat dan berhasil guna.
d. Meletakkan dasar-dasar kearah
belajar mandiri.
e. Memupuk minat dan bakat.
f. Mengembangkan kemampuan untuk
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab
dan usaha sendiri.
Sementara,
menurut Hendyat Soetopo (1982:173) tujuan perpustakaan antara lain:
1. Agar timbul kecintaan terhadap
membaca, memupuk kesadaran membaca dan menanamkan kebiasaan membaca
2. Membimbing dan mempercepat proses
penggunaan teknik membaca
3. Memperluas dan memperdalam
pengalaman belajar
4. Membantu perkembangan percakapan
bahasa dan daya pikir murid
5. Dapat menggunakan dan memelihara
bahan pustaka secara baik
6. Memberikan dasar-dasar kemampuan penelusuran
informasi
7. Memberikan dasar-dasar kemampuan
kearah studi sendiri
C. Fungsi Perpustakaan
Fungsi-fungsi
perpustakaan diantaranya:
1.
Sebagai pusat belajar mengajar
Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan
peserta didik dapat dilakukan dengan kelengkapan koleksi bahan pustaka yang
berasal dari perpustakaan sekolah.
2. Sebagai pusat
penelitian dan telaah kepustakaan
Peserta didik dapat mengadakan penelitian literatur di
perpustakaan dan mengadakan telaah pustaka.
3.
Sebagai pusat ilmu pengetahuan
Dalam koleksi bahan pustaka yang tersimpan di
perpustakaan, tersimpan juga ilmu pengetahuan.
4.
Sebagai pusat rekreasi
Peserta didik dapat memanfaatkan koleksi bahan pustaka
yang mempunyai muatan rekreatif sebagai sarana rekreasi.
5.
Sebagai pusat apresiasi dan kreasi
Dengan mengkaji koleksi bahan pustaka perpustakaan,
peserta didik akan dapat menghargai karya orang lain.
D. Jenis-jenis
Perpustakaan
Menurut
Fadly (2011) terdapat beberapa jenis perpustakaan, antara lain:
1. Perpustakaan Internasional
Perpustakaan Internasional adalah
perpustakaan yang didirikan oleh dua negara atau lebih atau yang didirikan oleh
organisasi Internasional.
2. Perpustakaan Nasional
Fungsi utama perpustakaan nasional
adalah penyimpanan semua bahan pustaka yang tercetak dan terekam yang
diterbitkan di suatu negara.
3. Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah
perpustakaan yang diselenggarakan oleh dana umum dengan tujuan melayani
masyarakat umum.
Kelompok yang dikategorikan sebagai
perpustakaan umum, yaitu:
a. Perpustakaan Wilayah
Adapun tugas perpustakaan wilayah
adalah:
1) Mengumpulkan dan menyusun bahan
pustaka.
2) Memberikan pelayanan dan
pendayagunaan bahan pustaka.
3) Menggunakan jasa referns artinya
memberikan jawaban atas segala pertanyaan yang masuk keperpustakaan wilayah.
4) Memelihara bahan pustaka.
5) Membantu pelaksanaan bimbingan
teknis perpustakaan.
b. Perpustakaan Propinsi
Jenis
perpustakaan ini hanya terdapat di Sulawesi Utara.
c. Perpustakaan
Umum Kotamadya
Merupakan perpustakaan
umum yang dikelola kotamadya.
d. Perpustakaan
Umum Kabupaten
Dikelola oleh
kabupaten.
e. Perpustakaan
Umum Kecamatan
Perpustakaan ini
terdapat di kecamatan.
f. Perpustakaan
Umum Desa
Dikelola oleh swadaya
masyarakat desa.
g. Perpustakaan
Umum Cacat Netra
h. Perpustakaan
Umum untuk masyarakat sesuai dengan usia
i. Perpustakaan
Keliling
4. Perpustakaan
Pribadi
Perpustakaan pribadi
adalah perpustakaan yang dikelola oleh pihak swasta dengan tujuan melayani
bahan pustaka bagi kelompok, keluarga, atau individu tertentu.
5. Perpustakaan
Khusus
Perpustakaan khusus
adalah perpustakaan milik sebuah departemen, lembaga negara, penelitian,
organisasi massa, militer, industri, maupun perusahaan swasta. Yang termasuk
dalam kelompok perpustakaan khusus, antara lain:
a. Perpustakaan
departemen dan lembaga negara non departemen
b. Perpustakaan
bank
c. Perpustakaan
surat kabar dan majalah
d. Perpustakaan
industri dan badan komersial
e. Perpustakaan
lembaga penelitian dan ilmiah
f. Perpustakaan
perusahaan
g. Perpustakaan
militer
h. Perpustakaan
organisasi massa
6. Perpustakaan
Sekolah
Perpustakaan sekolah adalah
perpustakaan yang tergabung dalam sebuah sekolah yang dikelola oleh sekolah
yang bersangkutan untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum.
7. Perpustakaan
Perguruan Tinggi
Perpustakaan Perguruan
Tinggi adalah perpustakaan yang terdapat di lingkungan Perguruan Tinggi, badan
bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi, dengan
tujuan utama membantu Perguruan Tinggi mencapai tujuannya.
E.
Manfaat
Perpustakaan Bagi Peserta Didik
Secara
terperinci, manfaat perpustakaan bagi peserta didik adalah sebagai berikut:
1.
Perpustakaan dapat meningkatkan
pengetahuan peserta didik
2.
Perpustakaan dapat menimbulkan kecintaan
terhadap membaca kepada peserta didik
3.
Perpustakaan dapat meningkatkan
kecerdasan peserta didik
4.
Peprpustakaan dapat memperkaya pengalaman
belajar peserta didik
5.
Perpustakaan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran untuk peserta didik
6.
Perpustakaan dapat melatih peserta didik
untuk bertanggung jawab
7.
Perpustakaan dapat membantu peserta
didik dalam hal menyelesaikan tugas
F.
Langkah
Menarik Minat Baca Peserta Didik Terhadap Perpustakaan
Berikut
adalah langkah-langkah menarik minat baca peserta didik terhadap perpustakaan:
1.
Selalu memperbarui koleksi bahan pustaka
yang ada di perpustakaan
2.
Menyediakan fasilitas komputer agar
peserta didik dapat dengan mudah mencari bahan pustaka yang ingin dicarinya
3.
Terdapat pustakawan (tenaga
perpustakaan) yang ramah, terdidik, bertanggung jawab, dan profesional
4.
Membuat ruang perpustakaan agar bisa
menjadi tempat yang senyaman mungkin bagi peserta didik
5.
Perpustakaan juga menyediakan bacaan
yang menghibur tapi tetap edukatif, seperti majalah pendidikan
0 komentar:
Posting Komentar