Fungsi Penggerakan

Pengertian fungsi penggerakan adalah tindakan yang mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau bekerja sama dengan senang hati untuk melakukan tugas pekerjaannya, sesuai dengan tugas dan wewenang, untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif

Fungsi dari penggerakan:
Menurut Winanti (2009):
a.       Mengembangkan rasa tanggung jawab
b.      Pemberian komando
c.       Mengadakan pengamatan atas pekerjaan dan aktivitas bawahan langsung
d.      Pemeliharaan moral dan disiplin
e.       Komunikasi
f.       Human relation
g.      Leadership
h.      Pengembangan eksekutif

Prinsip-prinsip penggerakan:
Menurut Kurniawan (2009):
a.       Memperlakukan pegawai dengan sebaik-baiknya
b.      Mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia
c.       Menanamkan pada manusia keinginan untuk melebihi
d.      Menghargai hasil yang baik dan sempurna
e.       Mengusahakan adanya keadilan tanpa pilih kasih
f.       Memberikan kesempatan yang tepat dan bantuan yang cukup
g.      Memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi dirinya

Tujuan fungsi penggerakan:
Menurut Azwar (1996):
a.       Menciptakan kerja sama yang lebih efisien
b.      Mengembangkan kemampuan dan keterampilan staf
c.       Menumbuhkan rasa memiliki dan menyukai pekerjaan
d.      Mengusahakan suasana lingkungan kerja yang meningkatkan motivasi dan prestasi kerja staf
e.       Membuat organisasi berkembang secara dinamis

Faktor-faktor yang diperlukan dalam penggerakan:
a.       Kepemimpinan (leadership)
b.      Sikap dan moril (attitude and morale)
c.       Tata hubungan (communication)
d.      Perangsang (incentive)
e.       Supervisi (supervision)
       Disiplin (discipline)

Tahapan penggerakan:
a.       Motivating
b.      Pemberian bimbingan
c.       Pengarahan (directing atau commanding)

Teknik-teknik penggerakan manajemen:
a.       Menghantar (leading)
b.      Memberi petunjuk atau arahan (directing)
c.       Memberi motivasi/dorongan (motivating)
d.      Memberi perintah kepada bawahan (commanding)
e.       Pengaturan personel (staffing)
f.       Coordinating
g.      Communication
h.      Inovasi (inovation)
i.        Laporan (reporting)
j.        Kendali (controlling)
k.      Facilitating

Ciri-ciri penggerakan di dalam sebuah organisasi:
a.       Upaya yang berlandaskan pengetahuan tentang kepemimpinan yang baik
b.      Mengacu pada perencanaan yang telah dibuat
c.       Adanya kemampuan untuk memimpin semua anggota organisasi
d.      Semua kegiatan-kegiatan organisasi diatur dengan baik
e.       Pemberian bimbingan, motivasi dan pengarahan yang baik

Halangan atau hambatan dalam menjalankan penggerakan:
a.       Kurangnya keahlian dalam menggunakan manajemen
b.      Beragam-ragam pendapat dalam memutuskan sesuatu
c.       Tidak adanya kerja sama yang kompak
d.      Tidak adanya dana serta fasilitas
e.       Kurangnya komunikasi di dalam organisasi
f.       Tidak bisa membaca karakteristik setiap anggotanya
g.      Kurangnya rasa solidaritas

Langkah penggerakan yang efektik:
a.       Jelaskan tujuan organisasi kepada setiap orang yang ada di dalam organisasi tersebut
b.      Usahakan agar setiap orang menyadari, memahami serta menerima dengan baik tujuan tersebut
c.       Jelaskan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang ditempuh oleh pimpinan organisasi dalam usaha pencapaian tujuan
d.      Usahakan agar setiap orang mengerti struktur organisasi
e.       Jelaskan peranan apa yang diharapkan oleh pimpinan organisasi untuk dijalankan oleh setiap orang
f.       Tekankan pentingnya kerjasama dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diperlukan
g.      Perlakukan setiap bawahan sebagai manusia dengan penuh pengertian

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Suhartama Febrizki / Template by : Urangkurai