Daun kemangi tentunya sudah biasa kita temui di kegiatan sehari-hari terutama ketika kita sedang mengonsumsi ayam goreng atau ayam bakar tentunya akan menemui daun kemangi sebagai lalapan. Ternyata manfaat daun kemangi bukan hanya untuk lalapan saja tetapi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh khususnya bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau badan atau bau mulut.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memang manfaat daun kemangi sangat baik bagi Anda yang ingin menghilangkan bau badan atau bau mulut yang sedang Anda alami. Dengan mengonsumsi daun kemangi yang segar sebagai lalapan diyakini dapat menghilangkan bau badan atau bau mulut, tetapi jika Anda tidak menyukai rasa daun kemangi yang khas tersebut Anda dapat mengkombinasikannya dengan air perasan daun kemangi ditambah perasan daun kunyit dan daun beluntas kemudian air perasan tersebut diminum secara rutin setiap hari hingga merasa bau badan teratasi.
Ternyata manfaat daun kemangi bukan hanya dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan atau bau mulut saja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh John Henry M dalam bukunya “A Dictionary of Practical Material Medical” menyatakan bahwa daun kemangi memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti nyeri payudara, gangguan pada vagina, batu ginjal, diare, hingga albuminara.
Selain itu pada peneliatian lain yang dilakukan oleh Center for Crops and Plant Products, Purudue University, AS membuktikan bahwa daun kemangi berkhasiat untuk mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, bahkan penyakit gangguan ginjal.
Kandungan zat yang banyak terdapat di daun kemangi yaitu minyak atsiri golongan tinggi, dimana aroma yang dihasilkannya akan hilang dalam 24 jam bila dioleskan pada tubuh. Hal inilah yang membuat daun kemangi banyak dimanfaatkan dengan cara disuling. Minyak atsiri tersebut akan memberikan efek tubuh menjadi lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga minyak atsiri yang dihasilkan dari daun kemangi baik untuk pijat aroma. Akan tetapi perlu diperhatikan, jangan gunakan produk-produk dengan menggunakan minyak ini pada ibu hamil karena dapat mengganggu kandungan bahkan menyebabkan keguguran.
Melihat manfaat daun kemangi yang begitu melimpah dan bukan hanya sebagai penghilang bau badan atau bau mulut saja, maka mulai sekarang jangan malas mengonsumsi daun kemangi dan jika bisa dirutinkan seperti halnya mengonsumsi sayur lainnya. Kemudian ditambah lagi daun kemangi ini juga mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat mempermudah ereksi, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

sumber inagurasi

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Suhartama Febrizki / Template by : Urangkurai